Bupati/Wakil Bupati Samosir Hadiri Peresmian Tugu Raja Sidauruk

Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST bersama Ketua Umum Pomparan Raja Sidauruk Boru Bere Ibebere se-Indonesia (PURASIBI) Pintor Dapot Sidauruk ST, melakukan penandatanganan Prasasti Peresmian Tugu Raja Sidauruk

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST bersama Ketua Umum Pomparan Raja Sidauruk Boru Bere Ibebere se-Indonesia (PURASIBI) Pintor Dapot Sidauruk ST, melakukan penandatanganan Prasasti Peresmian Tugu Raja Sidauruk di Lumban Dolok, Desa Simanindo, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Rabu (28/12/2022).

Turut mendampingi Bupati, Pj Sekda Drs Waston Simbolon, Asisten Pemerintahan dan Tata Praja Drs Tunggul Sinaga, Sekretaris DPRD Ricky SH Rumapea, Kadis PMPTST Pilipi Simarmata, Kepala BPBD Sarimpol Simanihuruk, dan Camat Simanindo Hans R Sidabutar. Hadir juga anggota DPRD Samosir Haposan Sidauruk dan jajaran pengurus PURASIBI.

Vandiko Gultom saat penandatangan prasasti, atas nama pemerintah dan masyarakat menyampaikan selamat dan sukses atas Pesta Peresmian Tugu Raja Sidauruk. Juga ucapan sukses untuk acara ‘marsombu sihol’ keturunan Raja Sidauruk.

“Semoga tugu ini menjadi tugu yang menyatukan seluruh keturunan Raja Sidauruk di seluruh dunia,” ujar Vandiko.

Bupati juga mengapresiasi dengan adanya acara yang akan berlangsung selama dua hari, dapat membantu perekonomian masyarakat. Khusunya pelaku wisata dan UMKM di Samosir.

Tak lupa, Bupati berharap para perantau khususnya keturunan Raja Sidauruk agar mendukung program pembangunan di Kabupaten Samosir. Serta mendukung pelaku UMKM dengan membeli produk-produk UMKM sebagai oleh-oleh khas dari Samosir.

Bupati Samosir juga menyampaikan permohonan maaf untuk acara puncak, Kamis (29/12/2022), tidak bisa hadir karena ada tugas ke Medan. Namun, Pemkab Samosir akan tetap hadir melalui Wakil Bupati Samosir.

Sementara Pintor Dapot Sidauruk ST pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Samosir. Karena di tengah-tengah kesibukannya, menyempatkan diri untuk menghadiri dan menandatangi Prasasti Peresmian Tugu Raja Sidauruk.

Kata Pintor, dengan motto ‘Sidauruk Marsada, Sidauruk Jaya’, maka ke depan PURASIBI akan menjadi tugu yang hidup. Serta akan mendukung program pembangunan di Kabupaten Samosir, khususnya di bidang pendidikan dengan program bantuan beasiswa dan bantuan kepada keluarga kurang mampu.

Acara Puncak

Pada acara puncak, Kamis (29/12/2022), Wakil Bupati Samosir Drs Martua Sitanggang MM bersama Ketua TP PKK Harta M Sitanggang, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel TP Sitanggang, Camat Simanindo Hans R Sidabutar hadir dan menyampaikan selamat dan sukses atas Peresmian Tugu Raja Sidauruk. Juga Pelantikan Ketua Umum PURASIBI dan jajaran DPP, serta Pesta Marsombu Sihol Pomparan Raja Sidauruk.

Wabup Martua Sitanggang menyampaikan bahwa berdirinya Tugu Raja Sidauruk ini merupakan bukti nyata dan buah dari adanya kebersamaan di antara keturunan Marga Sidauruk.

“Saya juga menyampaikan selamat kepada Ketua Umum dan Pengurus DPP PURASIBI terpilih. Semoga ke depan PURASIBI semakin maju dan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan di Kabupaten Samosir,” ujar Martua.

Wabup juga menyampaikan bahwa kegiatan ini, selain sebagai bentuk pelestarian Adat Istiadat Batak, juga menjadi edukasi kepada generasi muda. Sehingga ingat akan asal usul dan kampung halamannya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment